Aktivis IMM Dan Mubaligh Majelis Tabligh Hilal Ramadhan Berpulang

Aktivis IMM Dan Mubaligh Majelis Tabligh Hilal Ramadhan Berpulang

Super Admin Nov 24, 2023 11:00 355
Aktivis IMM Dan Mubaligh Majelis Tabligh Hilal Ramadhan Berpulang

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Warga Persyarikatan Muhammadiyah kehilangan salah seorang mubaligh kondangnya, Hilal Ramadhan, yang wafat pada Jumat, 17 November 2023 di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi, Jakarta Timur. 


Pelaksanaan shalat jenazah dilangsungkan di rumah kediaman almarhum di Komplek Kejaksaan Agung RI Ciputat, Jl. Cipunegara 13 Nomor 26, dan dikebumikan di Taman Pemakaman Umum Cimanggis, Ciputat.


Beliau dikenal sebagai seorang yang aktif di Persyarikatan. Almarhum semasa hidupnya tercatat sebagai Wakil Bendahara Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan juga salah seorang Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta. Almarhum yang juga dosen tetap di Universitas Prof. Dr. Hamka dan dikenang sebagai seorang yang sangat  konsen dalam dakwah. 


Dalam ta’ziyah (18/11),  beberapa sahabatnya memberi kesaksian. "Almarhum adalah salah seorang yang rajin ke Menteng Raya (mengikuti rapat rutin & rapat pimpinan, mengisi dan menghadiri pengajian)", kata Suparto, anggota Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 


Sementara Syamsul Hidayat, yang juga teman dekat almarhum semasa di kuliah di UMS dan Pesantren Mahasiswa Hj. Nuriyah Sobron, memberi kesaksian via Zoom, bahwa almarhum sangat menekankan pentingnya pendidikan aqidah, ibadah, dan akhlak dalam dakwah-dakwahnya. 


Ketua Majelis Tabligh PWM DKI Jakarta, Hadiyan, juga memberi kesaksian bahwa almarhum adalah anggota Majelis Tabligh yang sangat rajin membersamai rapat koordinasi rutin Majelis di Kramat Raya. "Salah satu pesan almarhum adalah bahwa dakwah Muhammadiyah seyogyanya memiliki pusat kegiatan (masjid) sendiri, selain masjid yang ada di Amal Usaha Muhammadiyah seperti sekolah",  demikian kata Hadiyan.


Semoga Allah mengampuni seluruh kesalahannya, merahmatinya, melapangkan kuburnya, dan memasukkannya ke surga jannatun naim. Amin. (hdyn)